(Untuk Tugas Workshop)
MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATEMATIKA
A.
Pengertian
media pembelajaran
Kata media berasal dari
kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Sedangkan
pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah media adalah alat bantu apa saja yang dapat
dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran. Media
pembelajaran diartikan sebagai semua benda yang menjadi perantara dalam
terjadinya pembelajaran.
B.
Jenis-jenis
media pembelajaran
Beberapa jenis media pembelajaran
diantaranya :
1. Dilihat
dari jenisnya media dapat digolongkan menjadi media Audio, media Visual dan
media Audio Visual.
2. Dilihat
dari daya liputnya media dapat digolongkan menjadi media dengan daya liput luas
dan serentak, media dengan daya liput yang terbatas dengan ruang dan tempat dan
media pengajaran individual.
3. Dilihat
dari bahan pembuatannya media dapat digolongkan menjadi media sederhana (murah
dan
mudah memperolehnya) dan media komplek.
4. Dilihat
dari bentuknya media dapat digolongkan menjadi media grafis (dua dimensi),
media tiga dimensi, dan media elektronik.
Menurut
Gerlach dan Ely yang dikutip oleh Rohani (1997 : 16) media pembelajaran dapat
digolongkan yaitu :
1. Gambar
diam, baik dalam bentuk teks, bulletin, papan display, slide, film strip, atau
overhead proyektor.
2. Gambar
gerak, baik hitam putih, berwarna, baik yang bersuara maupun yang tidak
bersuara.
3. Rekaman
bersuara baik dalam kaset maupun piringan hitam.
4. Benda
– benda hidup, simulasi maupun model.
5. Instruksional
berprograma ataupun CAI (Computer Assisten Instruction).
C.
Manfaat
Media Pembelajaran Matematika
Media pembelajaran dapat diartikan semua
benda yang menjadi perantara dalam terjadinya proses pembelajaran.jadi seorang
guru dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran perlu menggunakan media
,agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efesien dan
mempertinggi dalam proses pembelajaran.
1. Fungsi
Media Pembelajaran
Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan juga memudahkan pengajaran bagi guru.
Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan juga memudahkan pengajaran bagi guru.
2. Memberikan
pengalaman lebih nyata (abstrak menjadi kongkret).
3. Menarik
perhatian siswa lebih besar (jalannya tidak membosankan).
4. Semua
indera murid dapat diaktifkan.
5. Lebih menarik perhatian dan minat murid dalam
belajar.
6. Dapat
membangkitkan dunia teori dengan realitanya.
Alasan media pembelajaran berkenaan
dapat mempertinggi proses belajar siswa
sebagai berikut :
sebagai berikut :
1. Pengajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motifasi belajar,
2. Bahan
pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat dipahami dan dikuasai
siswa,
3. Metode
pengajaran akan lebih variasi, tidak semata-mata komunikasi verbal,
4. Siswa
lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengar uraian
guru, tetapi juga punya aktifitas lain seperti mengamati, merumuskan, melakukan
dan mendemonstrasikan
Menurut Ensiclopedi of Educational
Reseach, nilai atau manfaat media pendidikan adalah sebagai berikut :
1. Meletakkan
dasar-dasar yang kongkret untuk berfikir sehingga mengurangi verbalitas.
2. Memperbesar
perhatian siswa.
3. Meletakkan
dasar yang penting untuk perkembangan belajar oleh karena itu pelajaran lebih
mantap,
4. Memberikan
pengalaman yang nyata,
5. Menumbuhkan
pemikiran yang teratur dan kontinu,
6. Membantu
tumbuhnya pengertian dan dengan demikian membantu perkembangan bahasa,
7. Memberikan
pengalaman yang tidak diperoleh dengan cara yang lain,
8. Media
pendidikan memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara guru dan murid,
9. Media
pendidikan memberikan pengertian atau konsep yang sebenarnya secara realita dan
teliti,
10. Media
pendidikan membangkitkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar.
Dapat ditarik
kesimpulan bahwa dalam belajar matematika,pengalaman belajar siswa sangatlah
penting.pengalaman tersebut akan membentuk pemahaman, apa bila ditunjang dengan
alat bantu belajar, agar pemahaman mereka menjadi kongkrit, dengan demikian
alat bantu belajar atau media akan berfungsi dengan baik,apa bila media
tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna,mengaktifkan dan
menyenangkan siswa.
DAFTAR
PUSTAKA
Sukayati,2001.pembelajara
Matematika Secara Aktif,Efektif dengan Memanfaatkan Media
Pembelajaran,Yogyakarta :PPPG
http://eni-yuliawati.blogspot.com/2012/09/manfaat-media-pembelajaran-matematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar