Merupakan
suatu media yang dibuat dari
barang bekas yang berada
di sekitar kita
untuk membantu pemahaman konsep pembelajaran matematika. Misalnya penggunaan tutup
botol, kardus, kalender, dan berbagai jenis
barang bekas yang
mungkin dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran matematika.
Materi : Himpunan (Irisan dan Gabungan)
Kelas :
SMP kelas VII
TUJUAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS DALAM
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
1. Dapat menghemat biaya
2. Bahan
yang digunakan mudah didapat (tersedia di lingkungan sekitar)
3. Bahan
yang digunakan efisien dan ramah lingkungan
4. Dapat melatih kreatifitas guru dan siswa
5. Meningkatkan
pemahaman siswa dalam mempelajari materi
himpunan dengan adanya
media alat peraga
6. Mengembangkan daya nalar/logika siswa dalam menganalisa materi yang diajarkan oleh guru
ALAT dan BAHAN
v
ALAT
1. Gunting
2. Pisau/
Cutter
v
Bahan-Bahan :
1. Tutup
Botol Minuman Plastik (beraneka warna)
2. Tali
Rafia
3. Batang
bambu secukupnya kira-kira sepanjang 30cm sebanyak 2 batang
Cara Penerapannya
Langkah-Langkah yang dilakukan:
1. Kumpulkan
tutup botol beraneka ragam warna secukupnya
2. Bentuk
tali rafia menjadi lingkaran dengan
warna yang berbeda. Misalnya warna hijau untuk himpunan A dan warna biru untuk
himpunan B
3. Kelompokkan tutup botol berdasarkan himpunan
yang akan dicari
4. Kemudian
carilah gabungan maupun
irisan dari himpunan yang telah dibentuk dari beberapa tutup botol dengan warna yang berbeda
5. pada penerapan pelajaran
himpunan menggunakan tutup
botol ini, untuk irisan, kita mengambil tutup botol dengan warna dan jumlah
yang sama dari kedua himpunan. Sedangkan pada gabungan kita menggabungkan
jumlah tutup botol pada kedua himpunan tetapi untuk tutup botol yang jumlah dan
warna yang sama kita hanya mengambil salah satu jumlah tutup botol dari dua
himpunan.
CONTOH SOAL
Himpunan A
terdiri dari 6 tutup botol dengan 3 warna biru dan 3 warna hijau. Sedangkan
himpunan B terdiri dari 6 tutup botol dengan 4 warna orange dan 3 biru. Carilah
:
a. Irisan
dari himpunan A dan B (A ∩ B)
b. Gabungan
dari himpunan A dan B (A U B)
c. Cari jumlah dari gabungan
himpunan A dan himpunan B [n((A U B)]
Jawab :
himpunan A
himpunan B
A. Irisan dari Himpunan A dan Himpunan B
|
maaf..
BalasHapusapakah itu bisa di jadikan sebagai permainan....??
Informasi yang sangat bagus sekali.
BalasHapusmenjadikan barang bekas sebagai barang bernilai