Permainan Matematika SD
“MIZZLE
Matematika”
ini adalah permainan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan operasi matematika yang berupa perkalian.
Materi :
Operasi Matematika (perkalian)
Kelas :
Permainan ini dapat diaplikasikan
pada kelas IV SD
Tujuan Permainan
ini adalah :
1. Meningkatkan pemahaman siswa mengenai cara perhitungan
angka dengan operasi matematika (perkalian).
2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam pengerjaan
soal-soal perkalian secara cepat dan fleksibel.
3. Mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran
matematika di kelas agar pembelajaran tidak membosankan.
Jumlah Pemain : Dalam permainan ini, siswa (pemain) akan dibentuk menjadi 4kelompok
kecil yang beranggotakan 4 orang.
ALAT dan BAHAN
v
ALAT
1. Alat-alat tulis
2. Spidol Warna
3. Gunting
v
Bahan-Bahan :
1. Kertas origami
2. Karton pembungkus makanan ringan
3. Styrofoam
4. Lem kertas
Langkah-langkah yang dilakukan :
1. Buatlah 4 kelompok
yang beranggotakan masing-masing 4 orang
2. Setelah kelompok kecil terbentuk, guru membacakan
aturan permainan mizzle matematika.
3. Setiap tim membagi anggota yang terdiri dari 1 orang
sebagai ketua, 1 orang sebagai pencari kata kuci, 2 orang sebagai penyusun
puzzle.
4. Setelah tugas masing-masing dari kelompok dibagi,
masing-masing ketua kelompok menjadi perwakilan untuk permainan kartu
remi.
5. Kartu remi terdiri dari kartu soal dan kartu jawaban
6. Kartu soal ada 24 dan kartu soal ada 6 dan dilakukan
pengacakan
7. Salah satu dari pemain membagi kartu soal kepada
pemain lainnya hingga masing-masing pemain mendapat 4 kartu
8. Sisa kartu soal di disusun di tengah-tengah pemain dengan posisi kartu
tertelungkup
9. Kartu jawaban diletakkan di samping sisa kartu soal
dan posisi kartunya juga tertelungkup
10. Salah satu
pemain membuka satu kartu jawaban dan meletakannyadi tengah-tengah pemain
11. Masing-masing
pemain mencari pada kartu soal yang telah dibagikan sebelumnya yang cocok
dengan kartu jawaban yang telah dibuka
12. Jika kartu
soal cocok dengan kartu jawaban, maka masing-masing pemain mengeluarkan kartu
soal yang cocok tadi. Jika ada pemain yang tidak memiliki kartu soal yang cocok
dengan kartu jawaban, maka ia mencari kartu yang cocok pada kartu soal yang
tersisa sampai kartu yang cocok ditemukan
13. Setelah
masing-masing pemain mendapat kartu soal dan kartu jawaban yang cocok, maka
kedua kartu tersebut menjadi kata kunci untuk penyusunan puzzle
14. 3
pemain lainnya sudah bisa menyusun puzzle setelah ketua memberi kartu soal dan
kartu jawaban yang telah didapat
15. Begitu
seterusnya sampai diperoleh pemenang
16. Pemenang
diperoleh berdasarkan tim yang cepat, benar dan terbanyak menyusun puzzle yang
berisi kartu soal dan kartu jawaban yang lengkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar