rainbow

rainbow
:)

Kamis, 13 Juni 2013

PERMAINAN MATEMATIKA : MIZZLE (REMI PUZZLE) MATEMATIKA









Permainan Matematika SD
MIZZLE Matematika


ini adalah permainan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan operasi matematika yang berupa perkalian.

Materi            : Operasi Matematika (perkalian)
Kelas        : Permainan ini dapat diaplikasikan
                      pada kelas IV SD

Tujuan Permainan ini adalah :
1.    Meningkatkan pemahaman siswa mengenai cara perhitungan angka dengan operasi matematika (perkalian).

2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam pengerjaan soal-soal perkalian secara cepat dan fleksibel.
3. Mengembangkan dan menerapkan strategi pembelajaran matematika di kelas agar pembelajaran tidak membosankan.
Jumlah Pemain : Dalam permainan ini, siswa (pemain)           akan dibentuk menjadi 4kelompok kecil yang beranggotakan 4 orang.

ALAT dan BAHAN
v      ALAT
1.    Alat-alat tulis
2.    Spidol Warna
3.    Gunting
v      Bahan-Bahan :
1.    Kertas origami
2.    Karton pembungkus makanan ringan
3.    Styrofoam
4.    Lem kertas

Langkah-langkah yang dilakukan :
1.     Buatlah 4 kelompok  yang beranggotakan masing-masing 4 orang
2.  Setelah kelompok kecil terbentuk, guru membacakan aturan permainan mizzle matematika.
3. Setiap tim membagi anggota yang terdiri dari 1 orang sebagai ketua, 1 orang sebagai pencari kata kuci, 2 orang sebagai penyusun puzzle.
4.     Setelah tugas masing-masing dari kelompok dibagi, masing-masing ketua kelompok menjadi perwakilan untuk permainan kartu remi. 
5.     Kartu remi terdiri dari kartu soal dan kartu jawaban
6.     Kartu soal ada 24 dan kartu soal ada 6 dan dilakukan pengacakan
7.   Salah satu dari pemain membagi kartu soal kepada pemain lainnya hingga masing-masing pemain mendapat 4 kartu
8.     Sisa kartu soal di disusun  di tengah-tengah pemain dengan posisi kartu tertelungkup
9.     Kartu jawaban diletakkan di samping sisa kartu soal dan posisi kartunya juga tertelungkup
10. Salah satu pemain membuka satu kartu jawaban dan meletakannyadi tengah-tengah pemain
11. Masing-masing pemain mencari pada kartu soal yang telah dibagikan sebelumnya yang cocok dengan kartu jawaban yang telah dibuka
12. Jika kartu soal cocok dengan kartu jawaban, maka masing-masing pemain mengeluarkan kartu soal yang cocok tadi. Jika ada pemain yang tidak memiliki kartu soal yang cocok dengan kartu jawaban, maka ia mencari kartu yang cocok pada kartu soal yang tersisa sampai kartu yang cocok ditemukan
13.  Setelah masing-masing pemain mendapat kartu soal dan kartu jawaban yang cocok, maka kedua kartu tersebut menjadi kata kunci untuk penyusunan puzzle
14. 3 pemain lainnya sudah bisa menyusun puzzle setelah ketua memberi kartu soal dan kartu jawaban yang telah didapat
15.     Begitu seterusnya sampai diperoleh pemenang
16.   Pemenang diperoleh berdasarkan tim yang cepat, benar dan terbanyak menyusun puzzle yang berisi kartu soal dan kartu jawaban yang lengkap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar